Rabu, 04 Juli 2012

Proposal TBM Rintisan


 PUSAT  KEGIATAN  BELAJAR  MASYARAKAT 
PKBM    CAHAYA
JL.Soekarno – Hatta   Kel  Bukit Nenas  Kec Bukit Kapur Dumai
Telp (0765)        Kode Pos  28841
Akta  Notaris  No :  02    Izin  Operasional   No : 033
Nilem : 14.2.12.4.1.0003

 

PROPOSAL



BANTUAN PENYELENGGARAAN TBM RINTISAN
TAHUN ANGGARAN 2012





Diajukan Kepada
Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat,
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan
Informal, Kementerian Pendidikan Nasional
Gedung E. Lt. 6, Kantor Kemdiknas, Jalan Jenderal Sudirman,
Senayan, Jakarta 10270.




Oleh



PKBM CAHAYA
JL.SOEKARNO-HATTA
KELURAHAN BUKIT NENAS
KECAMATAN BUKIT KAPUR KOTA DUMAI
PROVINSI RIAU



    PEMERINTAH KOTA DUMAI
     DINAS PENDIDIKAN
          Jalan Tanjung Jati No. 2 Telp. (0765)33335 Fax.(0765) 31049
         Dumai  28814

R E K O M E N D A S I
Nomor  :  420/DISDIK-3.1/....


Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                            :    Dra.NURBAITI
Jabatan                          :    Kabid Pendidikan Pra Sekolah,Pendidikan Luar Sekolah dan Pendidikan       Khusus Kota Dumai
     Alamat                          :     Jalan Tanjung Jati Telp (0765)33335 Fax (0765) 31049
menerangkan bahwa      :
Nama Lembaga             :     Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM Cahaya
Alamat Lembaga           :    Jl Soekarno-Hatta Kel Bukit Nenas Kec Bukit Kapur Kota Dumai
Nama Ketua                  :    Ir. Amir Sugiarto
Telp./Hp/Faks               :   
          Adalah dinilai layak mengajukan Proposal kepada Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,Nonformal dan Informal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendapat dana bantuan TBM Rintisan Tahun 2012.
     Demikian rekomendasi ini diterbitkan sebagai bahan pertimbangan bagi yang berkepentingan.

                                                                                               Dikeluarkan    :  di Dumai
                                                                                               Pada Tanggal  :   5 April 2012

                                                                                               Kabid Pendidikan Pra Sekolah,Pendidikan
                                                                                   Luar Sekolah dan Pendidikan Khusus                                                                                                            Kota   .Dumai



                                                                                                            Dra. NURBAITI                                                                                                                                                                Nip. 196005111986032003

                                                   

KATA PENGANTAR





          Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT , karena atas limpahan karunia dan taupik serta hidayah-Nya Proposal Permohonan Bantuan Penyelenggaraan TBM Rintisan Tahun 2012 dapat terselesaikan.
          Proposal ini diajukan sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat yang dikelola dibawah naungan PKBM Cahaya Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai. Proposal ini juga dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan Bapak untuk memberikan dukungan dalam rangka pelaksanaan kegiatan peningkatan minat baca masyarakat.
          Kami sadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak terdapat kekurangan namun diharapkan dapat memberikan gambaran sekaligus infomasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.
          Akhirnya kepada semua pihak kami sampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas segala bantuan sehingga proposal ini dapat tersusun sebagaimana yang diharapkan.



                                                                                                        Dumai, 04 April 2012
                                                                                                        Ketua PKBM Cahaya


                                                                                                        Ir.Amir Sugiarto
                                                                                                        NIP 19651006200801 1002
                                                                             

DAFTAR ISI
           
                                                                       
                       
                   BAB I PENDAHULUAN .............................................................     1
                   1.  Latar Belakang      .....................................................................    2
                  
              BAB II  MAKSUD DAN TUJUAN ...... ............................................    3
                   1.  Maksud dan Tujuan Menyelenggarakan TBM  ............................   3
                   2.  Maksud dan Tujuan mengajukan Bantuan TBM  .........................   3
              BAB III  IDENTITAS LEMBAGA PEMOHON  ...............................    4
                   1.  Profil PKBM  ...........................................................................    4
                   2.  Visi dan Misi PKBM  ................................................................    4
                   3.  Program yang Diselenggarakan  .................................................    4
                       a.  Pendidikan Kesetaraan   .... ..................................................     5
                       b.  Kursus dan Bimbingan Belajar  .............................................     5                      
                       c.  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ......................................    6                           
                       d.  Keaksaraan Fungsional (KF) .................................................    7                          
                       e.  Life Skill (Pendidikan Kecakapan Hidup) ..............................     8                                
                       f.  Taman Bacaan Masyarakat (TBM) .........................................    8                             
                       g.  Warga Belajar ........................................................................    9                                
                       h.  Tenaga Pendidik ...................................................................     10
              BAB IV  TBM YANG DISELENGGARAKAN  ...............................    10  
                        1.  Nama TBM Rintisan  ...........................................................    10                        
                        2. Visi dan Misi TBM.................................................................   10                         
                        3. Struktur Organisasi TBM ......................................................    11
                        4.  Bahan Bacaan yang Sudah Dimiliki  ......................................    12                         
                        5.  Tempat Pelaksanaan  ...........................................................    13                            
                        6.  Sarana yang Sudah Dimiliki  .................................................    13                                                          7.  Sistem Pengelolaan Bahan Bacaan .......................................    13                                                          8.  Layanan yang diberikan kepada Pengunjung .........................    14                  
                        9.  Jadwal buka TBM ..............................................................     14
              BAB V  RENCANA PENGGUNAAN DANA ..................................   15
              BAB VI PENUTUP ...........................................................................    16
                        1.  Kesimpulan  .........................................................................    17                       
                        2.  Saran  ..................................................................................    18
              LAMPIRAN                                               
BAB I
PENDAHULUAN


A.                LATAR BELAKANG

            Pendidikan merupakan faktor penting untuk mengentaskan rakyat dari kebodohan, keterbelakangan dan kemiskinan. Pemerintah  berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa . Hak untuk mendapatkan  pengajaran atau pendidikan dinyatakan dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang menetapkan bahwa setiap warga negara  berhak untuk mendapatkan pengajaran.
            Salah satu upaya yang dapat di jadikan sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat terhadap berbagai bidang pengetahuan adalah melalui kegiatan gemar membaca . Pengembangan budaya baca merupakan  salah satu program pendidikan masyarakat yang bertujuan untuk membangun masyarakat yang memiliki pengetahuan,keterampilan, maju dan mandiri yang pelaksanaanya dapat diwujudkan melalui Taman Bacaaan Masyarakat (TBM) sebagai medianya
            TBM adalah sebuah lembaga yang menyediakan bahan bacaan yang di butuhkan oleh masyarakat. Sebagai tempat penyelenggaraan  pembinaan kemampuan membaca dan belajar , sekaligus sebagai tempat untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat. Pengelola TBM adalah mereka yang memiliki dedikasi dan kemampuan teknis dalam mengelola dan melaksanakan layanan kepustakaan kepada masyarakat. Bahan pustaka adalah semua jenis bacaan dalam berbagai bentuk media
Program TBM merupakan pembaharuan dari Taman Pustaka Rakyat yag di dirikan oleh pendidikan masyarakat pada tahun lima puluhan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan budaya baca masyarakat. Oleh karena itu keberadaan TBM sangat penting sebagai sarana belajar masyarakat  untuk itu kemampuan , ketrampilan dan kinerja pengelola harus di tingkatkan sehingga dapat mengelola TBM sebagai mana mestinya .
            Kenyataan menunjukkan bahwa program TBM belum sepenuhnya berhasil direalisasikan sebagaimana yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan, keterampilan  serta dana pendukung yang dimiliki oleh suatu lembaga belum memadai untuk menyediakan faslitas bahan bacaan dan ruang membaca yang sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat
            warga masyarakat di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai mayoritas adalah masyarakat yang hidup dengan mengandalkan  mata pencaharian sebagai buruh dan petani, Jika hari minggu, masyarakat tersebut menjual hasil pertanian dalam bentuk sayuran dan buah-buahan ke pasar Suka Ramai di Kelurahan Bukit Kayu Kapur yang terletak   + 4 km dari tempat mereka tinggal.Sedangkan bagi masyarakat yang bermata pencaharian sebagai buruh pendapatan yang mereka peroleh sangat bergantung  pada  ada tidaknya pesanan material yang akan mereka muat (buruh angkut pasir,bongkar muat sawit).Dari tingkat pendapatan mereka yang rendah ,ini juga mempengaruhi pada tingkat daya beli terutama  kemampuan untuk membeli buku bacaan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
            Bertitik tolak permasalahan diatas, maka dengan segala keterbatasan yang dimiliki dan dengan adanya upaya pemerintah untuk mengalokasikan sumber dana dekosentrasi yang diarahkan untuk membantu lembaga dalam mengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) maka  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya bermaksud untuk membuat suatu rintisan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang berlokasi di Jalan Soekarno – Hatta Kecamatan Bukit Kapur Kelurahan Bukit Nenas Kota Dumai. Keberadaan TBM dimaksudkan untuk mendukung pembudayaan kegemaran membaca masyarakat dan sebagai wadah pembinaan meningkatkan kemampuan keaksaraan yang telah mereka peroleh ketika  mengikuti program Keaksaraan Fungsional (KF) dan pemberantasan buta hurup.


BAB II
MAKSUD DAN TUJUAN


            1.   Maksud dan tujuan menyelenggarakan TBM

            Adapun maksud penyelenggaraan TBM adalah untuk memberikan layanan bahan bacaan yang merata ,meluas dan terjangkau oleh masyarakat dengan mudah dan murah.Sedangkan tujuan menyelenggarakan Taman Bacaan Masyarakat adalah :
(a)     Membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang  cerdas
(b)     Menjadi sebuah wadah kegiatan belajar masyarakat,
(c)     Mendukung peningkatan kemampuan aksarawan baru dalan rangka Pemberantasan Buta        Aksara  sehingga tidak menjadi buta aksara lagi.
(d)    Mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat
(e)     Mewujudkan kualitas dan kemandirian masyarakat yang berpengetahuan, berketerampilan       ,berbudaya maju dan beradab.

                 2.   Maksud dan tujuan mengajukan bantuan TBM

      Maksud dan tujuan mengajukan  bantuan TBM adalah untuk melengkapi sarana dan prasarana misalnya rak/almari buku untuk menyimpan/menempatkan bahan bacaan yang memadai untuk menyimpan bahan bacaan yang dimiliki, buku atau bahan bacaan yang dibutuhkan seperti buku pengetahuan umum, buku keterampilan, buku keagamaan, buku karya sastra termasuk buku fiksi lainnya, buku pelajaran sekolah, dan referensi. serta fasilitas lainnya yang diperlukan sesuai dengan rincian anggaran dana yang diajukan pada komponen anggaran biaya yang tertera pada lampiran

BAB III
IDENTITAS LEMBAGA PEMOHON


A.      Profil PKBM Cahaya
B.      visi dan misi pkbm cahaya
            a.     visi pkbm cahaya
Menjadi mitra masyarakat menuju kehidupan yang lebih cerdas, sejahtera dan bermartabat.
            b.    Misi PKBM CAHAYA
Misi PKBM Cahaya adalah sebagai berikut:
          a   Menyelenggarakan layanan pembelajaran berbasis kebutuhan masyarakat
          b   Menyelenggarakan layanan konsultasi berbagai bidang kehidupan dan kebutuhan masyarakat.
          c   Membantu akses yang dibutuhkan oleh masyarakat.
          d   Meningkatkan partisipasi masyarakat dan lintas pelaku terkait.

C.        program yang diselenggarakan
Berikut dipaparkan program yang diselenggarakan oleh “ PKBM CAHAYA “ Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai.

1.      Pendidikan kesetaraan
            Rendahnya tingkat perekonomian berdampak terhadap tingkat pendidikan. Masyarakat di pedesaan pada umumnya memiliki keterbatasan dana untuk menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dari hasil pengumpulan data dilapangan masih banyak ditemui anak-anak usia sekolah yang putus pendidikannya pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP) dan ada yang telah duduk di tingkat sekolah menengah atas (SMA) namun tidak berhasil menyelesaikan pendidikannya.
            Dumai merupakan kota industri, sejak terjadinya perubahan status kota administratif menjadi kota madya, menyebabkan semakin banyak investor yang menanamkan modalnya terutama yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit.Berdirinya industri di kota Dumai secara tidak langsung dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang  cukup besar, namun karena perusahaan adalah sebentuk badan usaha yang pada hakekatnya lebih cendrung mengejar keuntungan (benefit),  maka seringkali ditemui masyarakat tempatan tidak dapat bekerja pada perusahaan yang didirikan di daerah mereka sendiri dengan alasan mereka tidak memiliki kecakapan dan tingkat pendidikan yang memadai.
            Dalam upaya untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat di sekitar Kelurahan Bukit Nenas, maka ” PKBM CAHAYA” berusaha merekrut anak-anak putus sekolah dan juga kelompok pemuda  agar dapat tetap menyelesaikan  pendidikannya  melalui jalur pendidikan non formal yaitu pendidikan luar sekolah (PLS).
2.      Kursus dan Bimbingan Belajar
Meningkatnya jumlah pengangguran secara luar biasa yang disebabkan oleh perubahan perekonomian indonesia, meningkatnya jumlah angka putus sekolah, menurunnya angka melanjutkan pada jalur pendidikan sekolah menjadi indikasi menurunnya Human Developmen Index (HDI) Indonesia. Sejalan dengan itu. Kursus sebagai salah satu program pendidikan pada jalur pendidikan luar sekolah yang memiliki fleksibilitas program yang tinggi, menjadi makin diminati masyarakat untuk menyiapkan diri memperoleh bekal keterampilan dalam merebut pasar kerja yang kompetitif. Tidak hanya itu, memasuki era perdagangan bebas, kursus telah menjadi menjadi lembaga pendidikan yang mempunyai daya saing di tingkat internasional. Kenyataan saat ini menunjukkan bahwa banyak lembaga kursus asing yang akan masuk ke Indonesia, dan banyak pula lembaga kursus dari Indonesia yang akan menyelenggarakan programnya di luar negeri.
Menurut Direktori Kursus Indonesia (2003: iii) Kursus merupakan lembaga pendidikan yang memiliki fleksibilitas tinggi, sehingga penanganannya juga memerlukan sumber daya yang memadai. Kursus dapat dilaksanakan secara berjenjang atau tidak berjenjang dan berkesinambungan (multi entry – multi exit). Waktu pembelajaran dapat dilaksanakan dengan sistem kredit semester, ekstrakulikuler, dan reguler secara intensif jam, minggu, atau bulan.
            Sasarannya yang dapat dilayani adalah anak-anak, dewasa, atau orang tua (dengan tingkat usia); anak-anak sekolah, mahasiswa, karyawan, atau penganggur/ pencari kerja. Tenaga pendidik kursus dapat berasal dari tenaga pendidik kursus, instruktur  praktek, dan ahli keterampilan tertentu, baik dari perusahaan atau unsur lain. Kurikulum yang digunakan dapat berupa kurikulum yang disusun oleh kursus bersama industri, nasional, maupun internasional. Demikan fleksibilitasnya dan keragamannya, untuk menjawab tantangan kursus di masa mendatang diperlukan informasi yang lengkap, sehingga berbagai pihak dapat saling memanfaatkan jasa kursus.
3.      Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Ia memiliki karakteristik  yang  khas dan  tidak sama dengan orang dewasa serta akan berkembang menjadi manusia dewasa seutuhnya. Dalam hal ini anak merupakan seorang manusia atau individu yang memiliki pola perkembangan dan kebutuhan tertentu yang berbeda dengan orang dewasa. Anak memiliki berbagai macam potensi yang harus dikembangkan. Meskipun pada umumnya anak memiliki pola perkembangan yang sama, tetapi ritme perkembangannya akan berbeda satu sama lainnya karena pada dasarnya anak bersifat individual.
Anak usia dini adalah  sosok individu yang sedang menjalankani proses perkembangan dengan pesat dan sangat fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia  0 – 8 tahun (NAEYC, 1992). Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek seperti: fisik, sosio-emosional, bahasa dan kognitif sedang mengalami masa yang  tercepat dalam  rentang perkembangan hidup manusia (Berk,1992). Anak usia dini terbagi menjadi 4 (empat) tahapan yaitu masa bayi dari usia lahir sampai 12 (dua belas) bulan, masa kanak-kanak/batita dari usia 1 sampai 3 tahun, masa prasekolah dari usia 3 sampai 5 tahun dan masa sekolah dasar dari usia 6 sampai 8 tahun. Setiap tahapan usia yang dilalui anak akan menunjukkan karakteristik yang berbeda. Proses pembelajaran sebagai bentuk perlakuan yang diberikan pada anak  haruslah memperhatikan karakteristik yang dimiliki setiap tahapan perkembangan. Apabila perlakuan yang diberikan tersebut tidak didasarkan pada karakteristik perkembangan anak, maka hanya akan menempatkan anak pada kondisi yang menderita.
Diharapkan dengan program Pendidikan Anak Usia dini maka dapat  mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya, mengenalkan anak dengan dunia sekitar, mengembangkan sosialisasi anak, mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.
            Sasaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) “PKBM CAHAYA” adalah anak yang termasuk kelompok usia 3-6 tahun. Hal ini disesuaikan berdasarkan Acuan Pembelajaran Pada Kelompok Bermain Dirjen PLS .
4.      Keaksaraan Fungsional
Pemerintah Indonesia sedang menghadapi tantangan yang cukup berat untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Disamping terbatasnya ketersediaan anggaran, terbatasnya sumberdaya pendidikan untuk dapat mencapai standar mutu yang memadai. Pemerintah juga dihadapkan pada kenyataan bahwa penyandang buta aksara jumlahnya masih cukup besar. Peningkatan angka melek huruf menjadi perhatian serius pemerintah karena ia berpengaruh secara siknifikan terhadap tingkat Human Development Indeks (HDI), dan HDI menjadi salah satu indikator keberhasilan pemerintah dan di mata internasional. Mulai tahun 2005, Pemerintah telah kan program Keaksaraan Fungsional, sebagai upaya untuk mempercepat peningkatan tingkat melek huruf (literacy rate) dengan target setidaknya mencapai 95% pada tahun 2009
Keaksaraan secara sederhana diartikan  sebagai kemampuan untuk membaca, menulis, dan berhitung. Sedangkan Fungsional berkaitan erat dengan fungsi dan/ atau tujuan pembelajaran, serta adanya jaminan bahwa hasil pembelajarannya benar-benar ”bermakna atau bermanfaat bagi peningkatan mutu dan taraf hidup warga belajar dan kehidupan masyarakat.
Program keaksaraan fungsional merupakan bentuk pelayanan Pendidikan Luar Sekolah untuk membelajarkan warga masyarakat penyandang buta aksara, agar memiliki kemampuan menulis, membaca, berhitung, dan menganalisa, yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitarnya, sehingga warga belajar dan masyarakat.
Tujuan KF yang diselenggarakan oleh PKBM CAHAYA” adalah memfasilitasi masyarakat untuk mempelajari Keterampilan CALISTUNG (Membaca, Menulis, Berhitung). Sehingga masyarakat melek aksara latin dan angka arab, memfasilitasi masyarakat untuk mempelajari Kemampuan FUNGSIONAL. Sehingga masyarakat melek Bahasa Indonesia dan Pengetahuan, Pada akhirnya, bertujuan untuk meningkatkan mutu dan taraf hidup masyarakat.

5.      Life Skill (Pendidikan Kecakapan Hidup)
Pendidikan kecakapan hidup adalah suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, sikap dan kemampuan yang memungkinkan. Peserta program dapat hidup mandiri. Kecakapan hidup dapat dikelompokkan kedalam empat jenis: (1) kecakapan personal (personal skill), (2) Kecapakan sosial (social skill), (3) Kecakapan akademik (academic skill), (4) Kecakapan vokasional (vocational skill). Pendidikan kecakapan hidup dalam implementasinya mengacu pada empat pilar meliputi: (1) learning to know (belajar untuk memperoleh pengetahuan), (2) learning to do (belajar untuk dapat berbuat atau melakukan pekerjaan),  (3) learning to be   (belajar untuk dapat  menjadikan  dirinnya  menjadi    orang   yang   berguna), (4) learning live together  (belajar untuk dapat bersama orang lain). Dalam konteks pengentasan kemiskinan dan penanggulangan pengangguran maka pendidikan kecakapan hidup lebih ditekankan pada upaya pembelajaran yang bisa memberikan keterampilan untuk usaha mandiri dan / atau bekerja sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan taraf hidup.
Tujuan PKBM CAHAYA “ memberikan pelayanan pendidikan kecakapan hidup kepada masyarakat agar: (a) Keterampilan, pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja baik bekerja mandiri (wirausaha) dan/ atau bekerja pada suatu perusahaan produksi barang/ jasa dengan penghasilan yang semakin layak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. (b) Motivasi dan etos kerja yang tinggi serta dapat bekerja secara profesional. (c) Kesadaran yang tinggi tentang pentingnya pendidikan untuk dirinya sendiri maupun untuk anggota keluarganya. (d) Kesempata yang sama untuk memperoleh pendidikan sepanjang hayat (life long educatioan) dalam rangka mewujudkan keadilan pendidikan di setiap lapisan masyarkat.
Sasaran Program Pendidikan Kecakapan Hidup adalah (a) Usia Produktif (15-44 tahun), (b) Prioritas bagi penduduk buta aksara, (c) Tidak sekolah, menganggur/ tidak memiliki pekerjaan tetap, karena tidak memiliki keterampilan (unskills) yang dapat dijadikan sebagai sumber nafkah, (d) Berasal dari keluarga miskin, (e) Penduduk laki-laki dan perempuan memperoleh peluang yang sama, (f) Bersedia  mengikuti program sampai selesai.
6.      Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
TBM adalah sebuah lembaga yang menyediakan bahan bacaan yang di butuhkan oleh masyarakat. Sebagai tempat penyelenggaraan  pembinaan kemampuan membaca dan belajar , sekaligus sebagai tempat untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat. Pengelola TBM adalah mereka yang memiliki dedikasi dan kemampuan teknis dalam mengelola dan melaksanakan layanan kepustakaan kepada masyarakat. Bahan pustaka adalah semua jenis bacaan dalam berbagai bentuk media
Program TBM merupakan pembaharuan dari Taman Pustaka Rakyat yag di dirikan oleh pendidikan masyarakat pada tahun lima puluhan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan budaya baca masyarakat. Oleh karena itu keberadaan TBM sangat penting sebagai sarana belajar masyarakat  untuk itu kemampuan , ketrampilan dan kinerja pengelola harus di tingkatkan sehingga dapat mengelola TBM sebagai mana mestinya .

D.        Warga Belajar
Jumlah warga belajar Kejar Paket  B dan C Pada tahun pelajaran 2011/2012 di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai  adalah 60 warga belajar yang terbagi atas 40 orang warga belajar yang sedang mengikuti program pendidikan kesetaraan paket C dan 20 orang  warga belajar program paket B.
E.        Tenaga Pendidik
Berikut Nama tutor Pendidikan Kesetaraan “            PKBM CAHAYA”  di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai
           
BAB IV
TBM YANG DISELENGGARAKAN

1.       Nama TBM Rintisan
          Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rintisan merupakan upaya penyediaan bahan-bahan bacaan bagi masyarakat melalui pembentukan TBM baru yang mampu melayani kegiatan membaca-menulis dan kegiatan literasi lainnya kepada masyarakat.
          Sesuai dengan nama  PKBM, maka Taman Bacaan Masyarakat yang dikelola oleh Lembaga bernama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cahaya .

2.       Visi dan Misi TBM

          1.  Visi dan Misi TBM
          a.  Visi
          Mendukung program pendidikan non formal menuju terwujudnya masyarakat yang gemar membaca    dan gemar belajar.

          b.  Misi
          1.  Meningkatkan pelayanan bagi pengguna koleksi bahan bacaan TBM  
          2.  Memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat yang memanfaatkan TBM sebagai sarana menimba ilmu pengetahuan.
          3.  Menambah dan melengkapi koleksi bahan bacaan.
          4.  Meningkatkan mutu program pendidikan non formal dengan perluasan layanan bahan bacaan
         
3.       Struktur Organisasi dan Susunan Pengelola TBM Cahaya

            Didalam pelaksanaan kegiatan Taman Bacaan Masyarakat ini dibentuk suatu organisasi pengelolaannya supaya proses kegiatan dapat berjalan dengan lancar, dengan susunan sebagai berikut

          Penjelasan Bagan :

          Ketua/Penanggung Jawab
          Adalah seseorang yang memiliki kewenangan dan tanggungjawab terhadap keberadaan TBM
          Tugas Pokok                      :    Bertanggung jawab atas keberadaan dan keberhasilan serta pencairan  dana demi perkembangan TBM.
          Pengelola
          Pengelola adalah                :    Warga masyarakat yang mempunyai kemampuan dan kemauan dalam   pengelolaan manajemen TBM yang dipilih oleh anggota
          Tugas pokok                      :    Melakukan pengaturan kegiatan TBM perencanaan, pelaksanaan dan   evaluasi perkembangan TBM
          Sekretaris TBM
          Sekretaris TBM adalah      :    Warga masyarakat yang mempunyai kemampuan dan kemauan serta     pengetahuan tentang administrasi TBM
          Tugas Pokok                      :    Mengurus surat menyurat, memberikan pelayanan administrasi              keanggotaan kepada anggota/pengunjung TBM, penagihan buku (setelah mendapat laporan dari petugas pelayanan peminjaman)
          Bendahara TBM
          Bendahara TBM adalah    :    Warga masyarakat yang mempunyai kemampuan dan kemauan dibidang pengelolaan administrasi keuangan.
          Tugas pokok                      :    Melakukan pencatatan dan pertanggung jawaban penggunaan               keuangan TBM
          Petugas TBM
          Petugas TBM adalah         :    Seorang warga masyarakat yang mempunyai kemampuan dan kemauan dibidang pelayanan perpustakaan kepada anggota/pengunjung TBM.
          Tugas Pokok                      :    Melayani kebutuhan bahan bacaan yang dicari anggota/pengunjung,      melakukan pencatatan bahan bacaan yang dibaca dan atau yang dipinjam anggota/pengunjung, merawat bahan bacaan dan menyusun laporan bulanan kepada pengelola, meletakkan bahan pustaka yang dikembalikan ke tempat semula.

4.       Bahan Bacaan yang sudah dimiliki

          Koleksi bahan pustaka yang ada di TBM Cemerlang berdasarkan klasifikasi persepuluh kelas utama terdiri dari:
          -    Karya Umum                     -    Kesenian
-
   Filsafat                               -    Geografi
-
    Agama                               -    FiksiNon Fiksi
-
    Ilmu-ilmu Sosial                -    Kesusasteraan
-
    Bahasa                               -    Ilmu-ilmu Terapan
-
    Ilmu-ilmu Murni                -    majalah hidayah

5.       Tempat Pelaksanaan
          Kegiatan TBM ini dilaksanakan di jalan Soekarno – Hatta Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai dengan menggunakan fasilitas gedung milik sendiri.. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini diberi nama “Cahaya dan diharapkan nantinya TBM ini bisa menjadi salah satu motor penggerak dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa baik secara material maupun mental spiritual melalui penyediaan sarana bahan bacaan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat..

6.       Sarana yang Sudah Dimiliki
          Untuk menunjang dan memenuhi kelengkapan sarana pada sebuah taman bacaan ,maka TBM Cahaya baru mampu menyediakan bahan bacaan dalam jumlah yang terbatas, kelengkapan lain yang telah dimiliki diantaranya adalah komputer dan printer, rak buku tempat meletakkan bahan bacaan, meja dan kursi untuk  membaca.

7.       Sistem Pengolahan Bahan Bacaan

          Sistem pengelolaan di TBM  dibagi menjadi 3 macam
          1.  Tugas yang bersifat teknis
              Kegiatan memperoses atau mengelola berbagai macam bahan bacaan yang ada di TBM, beberapa buku, majalah, Koran dan lain – lain, sehingga menjadi siap untuk diatur pada tempatnya, disusun secara sistematis dan dapat dipinjamkan dan pengembalian setiap macam bahan bacaan dapat berjalan dengan lancar.

          2.  Tugas yang bersifat pelayanan
              Tugas yang bersifat pelayanan adalah suatu pekerjaan/kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan pengunjung. Tugasnya meliputi : Memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung antara lain menginformasikan adanya buku baru dan membantu pengunjung mencari buku

          3.  Tugas yang berhubungan dengan pengembangan TBM antara lain :
              a.  Melaksanakan perputaran buku dengan TBM yang lain
              b.  Bekerjasama dengan instansi lain untuk memperkaya bahan bacaan
              c.  Bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk donator buku.



8.       Layanan yang diberikan kepada pengunjung

          Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dikatakan baik apabila dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pengunjung. Kepuasan pengunjung diperoleh apabila pelayanan yang diberikan cepat, tepat dan benar. Layanan perpustakaan dikatakan berhasil apabila pustaka yang disedia banyak dibaca warga masyarakat.Tenaga Pelayanan TBM harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
          Memiliki kemauan dan kemampuan untuk melayani setiap pengunjung dengan ramah, sopan, teliti dan gemar membaca.Berpenampilan menyenangkan sehingga pengunjung  tidak segan bertanya atau meminta pertolongan, Pandai bergaul sehingga pengunjung merasa lebih  dekat dan diperhatikan

          Adapun Sistem Layanan yang diterapkan di TBM  terdiri atas sistem layanan terbuka dan sistem layanan tertutup.
          1.  Sistem layanan terbuka  (Open Acces)
          Sistem layanan terbuka memperbolehkan   pengunjung masuk ke ruang baca untuk melihat – lihat, memilih dan mengambil bahan bacaan sendiri dari rak, tanpa minta bantuan dari petugas.

          2.  Sistem layanan tertutup (Close Acces)
       Sistem layanan tertutup tidak memperbolehkan pengunjung mengambil bahan bacaan sendiri. Pengunjung yang ingin memilih bahan bacaan dapat mencarinya melalui catalog dan bahan bacaan yang sudah di peroleh tersebut   dapat diminta pada petugas untuk mengambilnya.

9.     Jadwal  buka TBM

      Hari dan jam buka TBM disesuaikan dengan jumlah petugas yang ada.serta  mempertimbangkan aktivitas kerja anggota dan masyarakat. Pada umumnya masyarakat dilingkungan tersebut memiliki waktu luang yang cukup panjang mulai pukul 15.00 wib.dengan demikian TBM lebih efisien dibuka pada sore hari, bahkan malam hari, karena pagi hari anggota dan masyarakat banyak yang bekerja.

BAB V
RENCANA PENGGUNAAN DANA
                Adapun rencana penggunaan bantuan dana  tersebut adalah  untuk : . Pengadaan bahan bacaan, pengadaan sarana, biaya kegiatan pembudayaan kegemaran membaca dan untuk biaya operasional TBM. 
No 
1. Pengadaan Bahan Bacaan
1
Pembelian buku karya umum
2
Pembelian buku filsafat dan fsikologi
3
Pembelian buku agama
4
Pembelian buku ilmu sosial
5
Pembelian buku bahasa dan linguistik
6
Pembelian buku ilmu teknologi
7
Pembelian buku ilmu sastra
8
Pembelian buku ilmu murni
9
Pembelian buku adat istiadat
10
Pembelian buku kesenian dan budaya
11
Pembelian buku kewirausahaan
12
Pembelian buku pertanian tanaman sawit
13
Pembelian buku pertanian tanaman mangga
14
Pembelian buku pertanian tanaman durian
15
Pembelian buku pertanian tanaman nangka
16
Pembelian buku pertanian tanaman semangka
17
Pembelian buku pertanian tanaman jeruk
18
Pembelian buku pertanian tanaman sawo
19
Pembelian buku pertanian tanaman belimbing
20
Pembelian buku pertanian tanaman kelengkeng
21
Pembelian buku pertanian tanaman ubi
22
Pembelian buku berternak bebek
23
Pembelian buku beternak ayam
24
Pembelian buku beternak kambing
25
Pembelian buku beternak burung puyuh
26
Pembelian buku beternak lebah madu
27
Pembelian buku beternak kelinci
28
Pembelian buku beternak marmut
29
Pembelian buku beternak sapi
30
Pembelian buku budidaya ikan mas
31
Pembelian buku budidaya ikan nila
32
Pembelian buku budidaya ikan lele
33
Pembelian buku budidaya ikan gurami
34
Pembelian buku budidaya  udang
35
Pembelian buku budidaya ikan patin
36
Pembelian buku teknologi pedesaan
37
Pembelian buku cara meramu pupuk
38
Pembelian buku perbanyakan tanaman




39
Pembelian buku memberantas gulma tanaman
40
Pembelian buku membuat pola pakaian
41
Pembelian buku teknik mengelas
42
Pembelian buku teknik referasi mobil
43
Pembelian buku teknik dasar menjahit
44
Pembelian buku memperbaiki kendaraan roda dua
45
Pembelian buku menuju ketenangan bathin
46
Pembelian buku petunjuk meramu obat
47
Pembelian buku menu makanan daerah
48
Pembelian buku panduan 4 sehat 5 sempurna
49
Pembelian buku menu khas daerah
50
Pembelian buku referasi kulkas
51
Pembelian buku jenis makanan pembuka
52
Pembelian buku menuju hidup sehat
53
Pembelian buku penyakit dan pengobatannya

2. Pengadaan sarana Pendukung TBM

No
Nama Barang


1
Pembelian kursi plastik


2
Pembelian lemari tempat buku


3
Pembuatan rak buku


4
Pengadaan meja pembaca


5
Pembelian gantungan koran


6
pembelian meja setengah biro


7
Pembuatan bangku panjang


8
Pembelian tikar


9
Pembelian mesin tik


10
Kertas dan perlengkapan administrasi


11
Pembelian printer canon 2700


12
Pembuatan plang nama TBM



Jumlah







3. Biaya operasional

No
Nama Barang


1
Bantuan Operasional /Honor anggota 6 bulan
2
Bantuan Operasional Pengelola  6 bulan
3
Pembelian Atk
4
Pembelian Kertas HVS
5
Pembelian Map Tulang
6
Pembelian obat anti jamur untuk buku
7
Biaya Administrasi TBM


           
4. biaya kegiatan

No
Nama Barang

Biaya Peningkatan minat baca (20%)
1
Biaya seminar TBM
2
Bantuan transportasi Nara Sumber
3
Bantuan transportasi Panitia
4
Bantuan transportasi Peserta
5
Pembelian Nasi Kotak untuk
6
Pembelian Snack
7
Pembuatan sertifikat peserta
9
Sewa gedung dan kebersihan
10
Kegiatan Pelatihan bagi tenaga administrasi
11
Dana cadangan

BAB VI
PENUTUP


A.      Kesimpulan
          Kegiatan membaca sama dengan mengasah otak sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang demikian pula belajar adalah identik dengan membaca karena biasanya kegiatan belajar juga selalu diawali dengan kegiatan membaca.Program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini sangat diharapkan oleh masyarakat di Kelurahan Bukit Nenas untuk menambah wawasan pengetahuan mereka. Program ini juga secara tidak langsung membuka kesadaran masyarakat bahwa hanya dengan membacalah seseorang itu akan memiliki wawasan pengetahuan dan keteampilan.Sedangkan bagi masyarakat yang masih buta aksara, dengan tersedianya sarana bahan bacaan yang bersipat pengenalan hurup dan angka maka diharapkan secara perlahan kemampuan mereka untuk mengingat abjad dan hurup akan menjadi semakin baik.  
         
B.        Saran - saran
            Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar diperlukan adanya dana,dengan adanya dana, TBM dapat menyediakan bahan bacaan yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. oleh sebab itu  kami sangat mengharapkan adanya dukungan dan bantuan dana dari Instansi terkait khususnya Dinas Pendidikan Propinsi Riau melalui sumber dana dekosentrasi tahun 2012 ini. Untuk masa yang akan datang diharapkan bantuan rintisan TBM ini hendaknya berkelanjutan dan dapat meringankan beban masyarakat pada saat sekarang ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat di masa – masa yang akan datang.
           
          Demikian proposal ini kami buat, semoga apa yang kami rencanakan ini terkabul hendaknya dan dapat memenuhi pemintaan khalayak ramai. Amin …..

                   ....                                                                                 Dumai ,  29 Maret 2012
                                                                                                         Ketua PKBM Cahaya....
                  

                                                                                                            Ir. Amir Sugiarto..
                                                                                                        NIP 196510062008011002 


TBM Rintisan

NO
JENIS KEBUTUHAN
JUMLAH
HARGA
JUMLAH
Ket
A
Kegiatan Operasional Taman Bacaan Masyarakat




1.
Honor Tenaga Administrasi 2 orang x 12 bulan

24

250.000

6.000.000

B
Kegiatan Pelatihan bagi Tenaga Administrasi




2
Biaya Pelatihan Administrasi Perpustakaan Bagi Tenaga Administrasi

2

750.000

1.500.000

C
Penambahan sarana dan prasarana




4.
Komputer Administrasi
1 Set
5.000.000
5.000.000

5
Meublail
Lemari Buku
Bangku dan Meja
Buku bacaan
Pendidikan
Life skill
Pengembangan diri
Agama Dll
Lain-lain

2 buah
20 buah


100
100
100
200

1.500.000
250.000


20.000
20.000
20.000
20.000

3.000.000
5.000.000


2.000.000
2.000.000
2.000.000
4.000.000
2.500.000


Total


33.000.000


NO
JENIS KEBUTUHAN
JUMLAH
HARGA
JUMLAH
Ket

Operasional Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat




1.
Honor Tenaga Administrasi 2 orang x 12 bulan
24
250.000
6.000.000


Kegiatan Pelatihan bagi Tenaga Administrasi




2
Snak dan transport (2 orang x 36 kali pertemuan)
72
15.000
1.080.000

3.
Biaya pelatihan administrasi taman bacaan
2
1.000.000
2.000.000


Penambahan sarana dan prasarana




4.
LCD Projektor
1 Buah
5.000.000
5.000.000

5
Meubel
        Bangku lipat
        Buku bacaan
        Pendidikan
        Life skill
        Pengembangan diri
      Lain-lain

20 buah
100
100
100
200

250.000
20.000
20.000
20.000
20.000

5.000.000
2.000.000
2.000.000
2.000.000
4.000.000
    920.000


Total


30.000.000





1 komentar: