PROPOSAL
BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN
PROGRAM
PAKET B LANJUTAN II ( KELAS IX )
MELALUI DANA DEKOSENTRASI
DITUJUKAN
KEPADA
DINAS
PENDIDIKAN KOTA DUMAI
PROVINSI
RIAU
PKBM
CAHAYA
JL.SOEKARNO
– HATTA, KEL.BUKIT NENAS
KEC.
BUKIT KAPUR KOTA DUMAI
No
Hp 08126837986
TAHUN
2012
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami ucapkan kehadirat ALLah SWT , karena berkat petunjuk-Nya jualah
maka Proposal Block Grant Program BOP Lanjutan II (kelas IX) Paket B setara SMP
/ MTs di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai Tahun 2012
dapat diselesaikan.
Ucapan
terima kasih kami sampaikan kepada pihak yang telah membantu dalam penyelesaian
proposal ini khususnya kepada Dinas Pendidikan Kota Dumai, yang telah
memberikan kepercayaan dan memfasilitasi kami untuk mengajukan proposal ini.
Akhir kata kami menunggu
berbagai kritikan dan saran dari semua pihak demi perbaikan proposal ini dimasa
yang akan datang.
Dumai,
28 Maret 2012
Ketua
PKBM Cahaya
Ir.Amir Sugiarto
NIP
19651006200801 1002
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal
Bantuan Operasional
Penyelenggaraan Paket B Lanjutan II
(Kelas IX) melalui Dana Dekonsentrasi
ini diajukan oleh :
Lembaga
Penyelenggara : PKBM Cahaya
Nama
Ketua : Ir. Amir Sugiarto
Alamat : JL.Soekarno
– Hatta
Kelurahan
Bukit Nenas.
Kecamatan Bukit
Kapur.
Kota
Dumai
Setelah dipelajari Kami menyatakan bahwa Proposal
ini sudah sesuai dengan Panduan BOP Penyelenggaraan Dana Dekonsentrasi program
Paket B Tahun 2012 yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah
Pertama,Direktoral Jendral Pendidikan Dasar.Kementerian Pendidikan Nasional
Yang mengesahkan....
Kabid
Pendidikan Pra Sekolah,Pendidikan Dumai ,
28 Maret 2012
Luar
Sekolah dan Pendidikan Khusus Ketua
PKBM Cahaya....
Kota Dumai
Dra.Nurbaiti Ir. Amir Sugiarto..
Nip. 196005111986032003 NIP
196510062008011002
PUSAT
KEGIATAN BELAJAR
MASYARAKAT
PKBM CAHAYA
JL.Soekarno – Hatta Kel Bukit Nenas Kec Bukit Kapur
Telp (0765) Kode
Pos 28841
Akta Notaris
No : 02 Izin
Operasional No : 033
Nilem : 14.2.12.4.1.0003
Dumai, 28 Maret 2012
Nomor : 004/PKBM-CHY/2012
Sipat : Biasa
Lampiran :
Perihal : Permohonan Bantuan
Penyelenggaraan
Program Paket B Lanjutan
II (Kelas IX)
Melalui Dana Dekonsentrasi.
Kepada
Yth
Direktur
Pembinaan Sekolah Menengah
Pertama u.p Kasubdit Sarana dan Prasarana
Pertama u.p Kasubdit Sarana dan Prasarana
Komplek
Kemendiknas Gedung E. Lantai 16
Jl.Jend Sudirman,Senayan Jakarta – Pusat
Jl.Jend Sudirman,Senayan Jakarta – Pusat
Sehubungan
dengan adanya Bantuan Opesaional Pendidikan Program Paket B melalui dana Dekonsentrasi
tahun anggaran 2012, maka bersama ini kami mengajukan permohonan agar dapat
memperoleh dana bantuan tersebut untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang
kami laksanakan di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai .
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan :
1. Profil Lembaga
2. Badan Hukum Lembaga
(Akta Notaris)
3. Ijin Operasional
Lembaga
4. poto copy Rekening Bank
Riau
5. Poto copy NPWP
6. Foto-foto Kegiatan
7. Biodata Tutor
8. Biodata Peserta Didik /
Warga Belajar
Atas Perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih
Ketua
PKBM Cahaya
Ir. Amir Sugiarto
NIP 19651006200801 1 002
Tembusan :
1. Dinas Pendidikan Kota
Dumai
2. A r s ip Kode Pos 28814
R E K O M E N D A S I
Nomor : 420/DISDIK-3.1/....
Kepala Dinas
Pendidikan Kota Dumai, Setelah Membaca Proposal Bantuan Operasional
Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Program Paket B Lanjutan II (kelas IX) Melalui
Dana Dekosentrasi Nomor : 004/PKBM-CHY/2011, Tanggal 28 Maret 2012, dengan ini
memberikan Rekomendasi kepada :
N a m a : Ir. Amir Sugiarto
Jabatan : Pimpinan Lembaga PKBM Cahaya
Alamat : Jl. Soekarno – Hatta Kelurahan Bukit Nenas
Kecamatan Bukit Kapur KotaDumai
Untuk : Melengkapi Permohonan Bantuan Operasional
Peyelenggaraan Program PaketB Lanjutan II (kelas IX) Sumber Dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2012.
Berdasarkan permohonan
tersebut Dinas Pendidikan Kota Dumai Merekomendasikan Kepada Saudara hal – hal sebagai berikut :
1. Pada prinsipnya kami setujui dan realisasi
selanjutnya kami serahkan pada atasan.
2. Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan proposal
yang diajukan dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab
3. Setelah pelaksanaan
selesai agar dapat membuat SPJ dan menyampaikan sebanyak 1 (satu) berkas ke
Kantor Dinas Pendidikan Kota Dumai.
Demikian rekomendasi
ini diberikan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dikeluarkan : di
Dumai
Pada
Tanggal : 5 April 2012
...
Kabid
Pendidikan Pra Sekolah,Pendidikan
Luar
Sekolah dan Pendidikan Khusus Kota
.Dumai
Dra. NURBAITI Nip. 196005111986032003
DAFTAR
ISI
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1. Latar Belakang
......................................................................................... 2
2. Tujuan
..................................................................................................... 2
3. Hasil Yang Diharapkan ............................................................................. 3
BAB II ANALISIS SITUASI
............................................................................. 4
1. Karakteristik
............................................................................................. 4
2. Peran Lembaga Dalam Pembelajaran
......................................................... 5
BAB III RENCANA KEGIATAN
...................................................................... 6
1. Peserta Didik
.......................................................................................... 6
2. Arah Program
......................................................................................... 7
3. Rencana Program Pembelajaran
............................................................. 7
a. Pembelajaran Akademik
.................................................................... 7
b. Pembelajaran
Keterampilan
............................................................... 7
4. Kontribusi
Lembaga/Satuan Penyelenggara ............................................. 7
BAB IV PROGRAM KEGIATAN
.................................................................... 8
1. Tempat Pembelajaran
............................................................................. 8
2. Organisasi Pelaksana
.............................................................................. 8
a. Struktur Organisasi
............................................................................ 8
b. Tugas dan fungsi personel .................................................................. 8
3. Jadwal Pembelajaran
.............................................................................. 9
a. Jadwal Pembelajaran
.......................................................................... 10
b. Metode Pembelajaran Akademik dan
Keterampilan .......................... 10
1. Metode Pembelajaran Akademik
.................................................. 10
2. Metode Pembelajaran Keterampilan ............................................. 10
c. Kelengkapan Administrasi yang Disiapkan .......................................... 11
d. Proses Pelaksanaan Hasil Belajar
........................................................ 11
4. Usulan
Rincian Penggunaan Dana ........................................................... 12
BAB V PENUTUP
......................................................................................... 13
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Pendidikan
merupakan faktor penting untuk mengentaskan rakyat dari kebodohan,
keterbelakangan dan kemiskinan. Pemerintah berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa .
Hak untuk mendapatkan pengajaran atau
pendidikan dinyatakan dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang
menetapkan bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pengajaran.
Dalam undang – undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 26 disebutkan bahwa Pendidikan
Non Formal (Pendidikan Luar Sekolah)
diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai
pengganti, penambah dan atau pelengkap
pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang
hayat.Pendidikan non formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan
keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian propesional.
Pendidikan non formal meliputi Pendidikan Kecakapan Hidup, Pendidikan Anak Usia
Dini, Pendidikan Kepemudaan, Pendidikan Pemberdayaan Perempuan,Pendidikan
Keaksaraan ,Pendidikan Keterampilan dan Pelatihan kerja, Pendidikan Kesetaraan
serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta
didik.
Dalam pelaksanaannya, pendidikan
kesetaraan mempunyai dua fungsi strategis yaitu: (1) menunjang suksesnya wajib
belajar pendidikan dasar 9 tahun terutama bagi anak-anak usia 7-15 tahun yang
tidak tertampung di sekolah; dan (2) memberi pelayanan pendidikan kepada orang
dewasa yang ingin memperoleh pendidikan kesetaraan. Karenanya jangkauan pelayanan
pendidikan kesetaraan tidak terbatas pada usia peserta didik, kondisi
geografis, demografis dan lainnya. Dengan kata lain bahwa pendidikan kesetaraan menjangkau warga masyarakat yang
tidak terjangkau oleh pelayanan pendidikan formal.
Kegiatan Pendidikan Luar Sekolah di Kelurahan Bukit Nenas
telah berlangsung sejak tahun 2005 dalam bentuk Kelompok Belajar dibawah binaan
Dinas Pendidikan Kota Dumai. Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
dilaksanakan di SMA.N 3 Kelurahan Bukit Nenas, adapun tenaga pendidik/tutor
yang mengajar adalah guru-guru yang berstatus PNS dan Non PNS yang juga
mengajar di SMA tersebut dengan latar belakang pendidikan sarjana (S1).
sedangkan warga belajar yang mengikuti kegiatan pembelajaran sebahagian besar
adalah warga masyarakat yang bertempat tinggal disekitar daerah tersebut.
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
(PKBM) Cahaya beralamat di Jl Soekarno-Hatta
Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai. Tujuan
didirikannya adalah untuk membantu
masyarakat terutama pemuda/pemudi
yang putus sekolah untuk dapat menyelesaikan dan menuntaskan jenjang
pendidikannya pada tingkat SMP/MTs. Untuk itu Pusat Kegiatan Belajar Mayarakat
(PKBM) sebagai penyelenggara program kelompok belajar paket B ini diharapkan
mampu menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis
potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya agar memiliki daya saing dalam menghadapi
tantangan global.
Kegiatan
akademik yang berlangsung di PKBM Cahaya masih
belum bejalan secara optimal,hal ini disebabkan masih terbatasnya sarana
penunjang seperti : Modul pembelajaran, ,alat peraga, alat tulis, kelengkapan
administrasi kegiatan belajar serta buku-buku bacaan bagi peserta
didik,disamping itu keterbatasan dana secara
tidak langsung mempengaruhi kesejahteraan para Tutor yang pada akhirnya
dikuatirkan dapat mempengaruhi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar dan
menurunkan semangat kerja mereka selaku tenaga pendidik.
Untuk itu lembaga berharap dengan adanya
dana bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) program pendidikan paket B
lanjutan II kelas IX melalui dana dekonsentrasi yang diberikan kepada PKBM
Cahaya, diharapkan peserta didik dan tenaga pendidik (tutor) dapat melaksanakan
kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan
baik ,sehingga pada akhirnya apa yang menjadi tujuan pemerintah sebagai
penyalur dana, PKBM sebagai Penerima dana dan
seluruh peserta didik dapat
diwujudkan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
2. Tujuan
1. Membantu
masyarakat terutama pemuda/pemudi
yang putus sekolah untuk dapat menyelesaikan dan menuntaskan jenjang
pendidikannya pada tingkat SMP/MTs.
2. Meningkatkan kemampuan para peserta didik
dalam mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
3. Memberikan kesetaraan
akademik bagi peserta didik paket B setara SMP yang dapat digunakan untuk
melanjutkan pendidikannya kejenjang pendidikan yang lebih tinggi baik melalui
jalur pendidikan formal maupun non formal.
3. Hasil yang Diharapkan
Dengan adanya
bantuan operasional penyelenggaraan program paket B ini diharapkan :
1. Dapat mengurangi
jumlah masyarakat,pemuda/pemudi yang putus sekolah pada jenjang SMP/MTs.
2. Dapat Membantu
masyarakat yang kurang mampu untuk menyekolahkan putra/putrinya pada jalur
pendidikan non formal setara dengan SMP/MTs.
3. Dapat memberikan
bekal pengetahuan dalam bentuk keterampilan kepada peserta didik untuk dipergunakan
dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta.
4. Dapat memberikan
imbalan yang layak kepada tenaga tutor baik dari sisi honor dan biaya transportasi
mereka serta tersedianya sarana pembelajaran dalam bentuk buku/modul/bahan ajar
serta kebutuhan lainnya untuk kegiatan pembelajaran para peserta didik.
5. PKBM Cahaya dapat
memberikan bekal keterampilan yang bersifat life skill kepada peserta didik
secara lebih optimal.
BAB II
ANALISIS SITUASI
1. Karakteristik
Dumai adalah sebuah kota di Provinsi Riau
yang berada pada ketinggian 3 meter diatas permukaan laut, Wilayah Kota Dumai
beriklim tropis dengan curah hujan antara 100-300 cm dan suhu udara
24-30 °C dengan kondisi tanah rawa bergambut. Secara
georafis Kota Dumai terletak pada posisi kordinat 101023’37” - 101028’13”
Lintang Utara dan 1023” – 1024’23” Bujur Timur, dengan panjang garis pantai
sepanjang 234,2 km. Kota Dumai saat ini terbagi menjadi 5 kecamatan yaitu Kecamatan Dumai Barat, Kecamatan Dumai
Timur, Kecamatan Bukit Kapur, Kecamatan Medang Kampai, dan Kecamatan Sungai
Sembilan serta terdiri dari 32 kelurahan.
Dari
32 kelurahan yang berada di kota Dumai, Bukit Nenas termasuk kedalam wilayah
Kecamatan Bukit Kapur yang memiliki luas wilayah 250 km2 dan penduduk berjumlah 19.354 jiwa serta tingkat
kepadatan penduduk sebesar 77 jiwa/km2.
Masih
rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di daerah ini berdampak pada tingkat
pendapatan, berbagai faktor yang menjadi penyebab banyaknya
pemuda/i dilingkungan kelurahan Bukit Nenas
tidak dapat menyelesaikan pendidikannya hingga ke jenjang Sekolah Lanjutan, salah satunya
adalah masalah yang berkaitan dengan ekonomi. Sebahagia besar masyarakat di
Kelurahan tersebut bermata pencaharian sebagai penggali pasir, buruh, pembuat
batu bata, sopir, penoreh getah,serta bongkar muat buah kelapa sawit. Tingkat
pendapatan serta tingkat pendidikan yang masih rendah secara tidak langsung
berpengaruh di sektor perekonomian masyarakat setempat, sementara disisi lain
dengan semakin berkembangnya kota Dumai maka semakin banyak pula bermunculan
pabrik-pabrik yang membuka lapangan pekerjaan baru dan mampu menampung tenaga
kerja, namun karena tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah maka
peluang pekerjaan tersebut tidak bisa mereka manfaatkan dengan sebaik-baiknya
Salah satu upaya yang perlu
dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara membentuk
kelompok belajar yang mampu menampung warga masyarakat serta pemuda/pemudi yang
putus sekolah untuk dapat kembali melanjutkan pendidikannya pada jalur
pendidikan non formal melalui sebuah wadah lembaga pendidikan yaitu PKBM
2. Peran
Lembaga Dalam Pembelajaran
PKBM Cahaya yang berada di Kelurahan
Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai
adalah sebuah lembaga yang memberikan layanan pembelajaran pendidikan
kesetaraan program paket B.Peran lembaga dalam upaya memperlancar kegiatan proses
pembelajaran program paket B yaitu dengan menyediakan fasilitas sarana ruang kelas yang
terdiri atas dua lokal serta mempersiapkan tenaga tutor yang akan memberikan
materi pelajaran kepada peserta didik.Disamping itu dalam rangka memperlancar
jalannya proses KBM maka lembaga juga berupaya untuk melakukan terobosan dalam
bentuk mengajukan proposal untuk memperoleh bantuan peralatan menjahit serta
bantuan sarana dan prasarana untuk kegiatan keterampilan di bidang pertanian.
BAB III
RENCANA KEGIATAN
1. Peserta Didik
Peserta
didik yang mengikuit kegiatan pendidikan kesetaraan program paket B lanjutan II (Kelas IX) di PKBM Cahaya adalah warga
masyarakat yang bermukim disekitar lingkungan lembaga dengan usia yang
bervariasi. Adapun jumlah peserta didik yang aktif mengikuti kegiatan
pembelajaran adalah berjumlah 25 orang yang terdiri dari 8
orang perempuan dan 17 orang laki-laki dengan rata-rata usia antara 16
tahun sampai 41 tahun.
2. Arah
Program
Selain program akademik, Lembaga juga
memberikan materi keterampilan (life skill) di bidang pertanian kepada peserta
didik/warga belajar yaitu berupa pemahaman dan pengenalan terhadap pupuk, dalam
hal ini.peserta didik/warga belajar melakukan uji coba dan mengamati secara
langsung pengaruh pemberian pupuk yang berbeda terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tanaman, dengan harapan meteri yang mereka peroleh ini dapat
diterapkan untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam mereka melaksanakan
kegiatan di bidang pembudidayaan tanaman.
3. Rencana
Program Pembelajaran
a.
Pembelajaran Akademik
Bahan
belajar pada Program Paket B terdiri dan dua jenis. yaitu bahan belajar kajian
akademik (Bahan Belajar Pokok) dan bahan
belajar keterampilan (Bahan Belajar Lokal). Bahan belajar pokok disusun dalam
bentuk modul.yaitu : Modul
Pendidikan Agama Islam, Modul
Bahasa Indonesia, Modul
Matematika, Modul
Fisika, Modul Biologi, Modul Ekonomi, Modul Sejarah, Modul Geografi, Modul Penjaskes, Modul Bahasa Inggris,Modul PPKn
a. Pembelajaran Keterampilan
Kegiatan
pembelajaran yang bersifat praktek adalah kewirausahaan. Mata pelajaran tersebut sampai
saat ini masih terbatas pada bidang pertanian yaitu tentang manfaat dan
kegunaan pupuk terhadap pertumbuhan tanaman.
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan
melibatkan Secara langsung warga belajar tentang bagaimana dan apa
kegunaan masing-masing pupuk terhadap pertumbuhan tanaman.Disamping itu warga belajar juga
diberi pengetahuan tentang bagaimana
cara membuat dan meramu pupuk majemuk dari berbagai jenis pupuk tunggal yang
beredar di pasaran.
BAB IV
PROGRAM KEGIATAN
1. Tempat Pembelajaran
Proses kegiatan belajar mengajar (KBM)
yang dilaksanakan menggunakan fasilitas ruang belajar di SMA Negeri 3 yang beralamatkan di Jl Arif Rahman Hakim Kelurahan
Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur dengan memanfaatkan fasilitas dua buah ruang
lokal berukuran 4 meter x 8 meter untuk kegiatan belajar.
2. Organisasi Pelaksana
a. Struktur Organisasi
a. Struktur Organisasi
b. Tugas
dan Fungsi personel
- Kewajiban Penyelenggara/ketua
1. Menyusun struktur organisasi penyelenggara Program Paket B
2. Menyusun rincian tugas penyelenggara, tutor dan nara sumber teknis
3. Membuat papan nama penyelenggara Paket B
4. Melaksanakan kegiatan adminsitrasi yang terdiri dari :
a. Pengisian buku induk warga belajar berisi tentang data warga belajar dan nilai hasil evaluasi
semester
b. Pengisian buku absensi tutor/ NST
c. Mencatat, mengelola penerimaan dan pengeluaran keuangan kelompok
d. Mencatat dan mengelola inventaris kelompok
b. Pengisian buku absensi tutor/ NST
c. Mencatat, mengelola penerimaan dan pengeluaran keuangan kelompok
d. Mencatat dan mengelola inventaris kelompok
5. Menyusun rencana program pembelajaran termasuk
jadwal tutorial bersama dengan tutor berda berdasarkan
kesepakatan dengan warga belajar
6. Mengadakan kerjasama dengan nara sumber dari instansi/ masyarakat untuk mendukung progra program
7. Menggali dan menghimpun dana dari masyarakat, organisasi, lembaga, instansi dan perusahaan untuk untuk mendukung kelancaran program
8. Mencari dan menyediakan keperluan pelaksanaan pembelajaran
9 .Mengikutsertakan warga belajar dalam ujian akhir (Pehabtanas)
- KewajibanTutor:
6. Mengadakan kerjasama dengan nara sumber dari instansi/ masyarakat untuk mendukung progra program
7. Menggali dan menghimpun dana dari masyarakat, organisasi, lembaga, instansi dan perusahaan untuk untuk mendukung kelancaran program
8. Mencari dan menyediakan keperluan pelaksanaan pembelajaran
9 .Mengikutsertakan warga belajar dalam ujian akhir (Pehabtanas)
- KewajibanTutor:
1. Membimbing kegiatan pembelajaran
secara tutorial termasuk pembelajaran ketrampilan yang telah telah disepakati sesuai dengan jadwal
2. Menyusun bahan evaluasi formatif (Tugas Mandiri, Tugas Kelompok dan Tes Akhir Modul)
3. Mengelola kegiatan pembelajaran di kelas, belajar kelompok dan belajar mandiri
4. Melaksanakan kegiatan evaluasi
5. Mengadministrasikan nilai hasil evaluasi formatif dan hasil evaluasi semester
6. Mengisi buku rapor berdasarkan nilai yang tercantum dalam buku induk/ legger
7. Mengorganisasikan warga belajar yang akan membentuk kegiatan usaha baik sendiri-sendiri maupu Maupun secara berkelompok
8. Membantu memfasilitasi warga belajar yang akan melanjutkan pendidikan
2. Menyusun bahan evaluasi formatif (Tugas Mandiri, Tugas Kelompok dan Tes Akhir Modul)
3. Mengelola kegiatan pembelajaran di kelas, belajar kelompok dan belajar mandiri
4. Melaksanakan kegiatan evaluasi
5. Mengadministrasikan nilai hasil evaluasi formatif dan hasil evaluasi semester
6. Mengisi buku rapor berdasarkan nilai yang tercantum dalam buku induk/ legger
7. Mengorganisasikan warga belajar yang akan membentuk kegiatan usaha baik sendiri-sendiri maupu Maupun secara berkelompok
8. Membantu memfasilitasi warga belajar yang akan melanjutkan pendidikan
3. Jadwal Pembelajaran
a. Jadwal Pembelajaran
Jadwal Pelajaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket B Lanjutan I (kelas
VIII) adalah sebagai berikut :.
NO
|
HARI
|
PUKUL
|
MATA PELAJARAN
|
TUTOR
|
KET
|
|
1
|
Jum'at
|
14.30 - 15.30 Wib
|
Bahasa Inggris
|
Eni Susrini,S.Pd
|
||
15.30 - 16.30 Wib
|
PKn
|
Sri Juita,S.Ag
|
||||
16.30 - 16.45 Wib
|
I
s t i r a h a t
|
|||||
16.45 - 17.30 Wib
|
Biologi
|
Gialendani,S.Pd
|
||||
Tutor P i k e t :
S.Rahayu, S.Sos
|
||||||
Sabtu
|
15.00 - 16.00 Wib
|
Bahasa Indonesia
|
S.Rahayu.S.Sos
|
|||
16.00 - 16.30 Wib
|
I s t i r a h a t
|
|||||
16.30 - 17.30 Wib
|
Ekonomi
|
Effa Martini.Se
|
||||
Tutor P i k e t :
Eni Susrini ,S.Pd
|
||||||
3
|
Minggu
|
13.00 - 14.00 Wib
|
Fisika
|
Gialendani,S.Pd
|
||
14.00 - 15.00 Wib
|
Geografi/Sejarah
|
Musriah.S.Ag
|
||||
15.00 - 16.00 Wib
|
Agama Islam
|
Sri Juita,S.Ag
|
||||
16.00 - 16.30 Wib
|
I s t i r a h a t
|
|||||
16.30 - 17.30 Wib
|
Mulok/Matematika
|
Ir.Amir Sugiarto
|
||||
Tutor P i k e t :
Effa Martini , Se
|
||||||
Tenaga Pendidik/tutor program paket B setara SMP/MTs ini berjumlah
7 orang yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 5 orang perempuan . Adapun data
tutor yang mengajar di PKBM Cahaya adalah sebagai berikut :
No
|
Nama
|
L/P
|
Agama
|
Tempat /Tanggal Lahir
|
Pendidikan
Terakhir
|
Bidang study
Yang di ajar
|
1
|
Ir.Amir
Sugiarto
|
L
|
Islam
|
Bengkalis/
06-10-1965
|
S1
|
Matematika/
Kewirausahaan
|
2
|
Sri
Juita ,S.Ag
|
P
|
Islam
|
Bengkalis
/03- 03 – 1968
|
S1
|
PKn
dan Agama Islam
|
3
|
Effa
Martini ,Se
|
P
|
Islam
|
Pekanbaru
/13-03 - 1970
|
S1
|
Ekonomi
|
4
|
Eni
Susrini S.Pd
|
P
|
Islam
|
Bukit
Kapur / 26-10-1980
|
S1
|
Bahasa
Inggris
|
5
|
S.Rahayu.S.Sos
|
P
|
Islam
|
Duri
/12-07-1969
|
S1
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
Gialendani
S.Pd
|
L
|
Islam
|
Dumai
/ 02-09-1974
|
S1
|
Biologi/Fisika
|
7
|
Musriah S.Pd
|
P
|
Islam
|
Paketingan/
19-11-1968
|
S1
|
Geografi
dan Sejarah
|
b. Metode Pembelajaran Akademik dan Keterampilan
1. Metoda Pembelajaran Akademik
Setiap warga belajar diwajibkan mengikuti
pembelajaran sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang telah disusun yaitu hari
jum’at mata pelajaran yang diikuti meliputi bahasa Inggris, PKn, dan Biologi.
Pada hari sabtu bidang study yang
diikuti adalah Bahasa Indonesia dan ekonomi sedangkan pada hari minggu warga
belajar mempelajari bidang studi Fisika,
Geografi/Sejarah, Agama Islam dan Matematika/Mulok.
2. Proses
Pembelajaran Keterampilan
Kegiatan pembelajaran yang bersifat
Keterampilan menjurus pada bidang pertanian yaitu tentang manfaat dan kegunaan
pupuk terhadap pertumbuhan tanaman.
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan
melibatkan Secara langsung warga belajar tentang bagaimana dan apa
kegunaan masing-masing pupuk terhadap pertumbuhan tanaman.Disamping itu warga belajar juga
diberi pengetahuan tentang bagaimana
cara membuat dan meramu pupuk majemuk dari berbagai jenis pupuk tunggal yang
beredar di pasaran.
c. Kelengkapan Administrasi yang Disiapkan
Dalam
penyelenggaraan program Paket B, perlu disediakan sarana belajar yang cukup.
Sarana belajar dimaksud adalah :
1) Kurikulum
inti dan kurikulum muatan lokal;
2) Buku
pegangan tutor/nara sumber teknis;
3) Modul
pelajaran Paket B;
4) Buku/Modul
keterampilan;
5) Tempat
belajar;
6) Bahan
dan peralatan untuk belajar keterampilan;
7) Sarana
belajar penunjang (learning kits)
8) Buku
Induk;
9) DaftarKelas;
10) Administrasi
PKBM
d. Proses
Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar
Evaluasi dilaksanakan untuk
mengetahui sampai sejauh mana daya serap warga belajar terhadap materi yang
disampaikan selama proses pembelajaran. Evaluasi terdiri dari :
1)
Evaluasi tiap-tiap
modul pelajaran yang meliputi:
a. Tugas
Mandiri
b. Tugas
Kelompok
c. Tes
akhir modul
2) Evaluasi
tiap semester
3) Evaluasi
akhir kelas
4) Ujian
Nasional
Peserta
didik yang dinyatakan lulus dalam Ujian Nasional diberi Surat Tanda Lulus (STL)
dan Ijazah. STL diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik)
4. Usulan Rincian Penggunaan Dana
(Komponen Pembiayaan
Kelas Lanjutan II ( Kelas IX )
NO
|
KOMPONEN
|
PAKET B LANJUTAN I (Kelas VIII)
|
||||
VOL
|
SAT
|
BIAYA
|
TOTAL
|
% MAKSIMUM
|
||
A
|
BAHAN
|
5.53
|
||||
1
2
|
Modul/Bahan Ajar
Penilaian tes semestes
(2 kali x 13 MP)
|
25
25
|
Set
OK
|
39.500
2.000
|
987.000
50.000
|
|
B
|
ALAT
|
0,38
|
||||
1
2
3
|
Alat tulis peserta didik
(buku
tulis,pensil,pulpen,mistar,
Penghapus dan busur)
Administrasi Pembelajaran
(absen tutor/WB,buku induk,buku
Tamu,buku inventaris dll)
Sarana pembelajaran
(kapur,spidol,penghapus papan
Tulis dan papan tulis)
|
25
1
1
|
OT
Set
Set
|
1.740
24.000
5.000
|
43.500
24.000
5.000
|
|
C
|
TENAGA
|
94,08
|
||||
1
|
Transport tutor
(Semester
V : 7 org x 6 bln dan Semester VI : 6 org x 6 bln)
|
78
|
OB
|
200.000
|
16.800.000
|
|
2
|
Transport penyelenggara
(2 Org x 6 bulan)
|
12
|
OB
|
70.000
|
840.000
|
|
Harga Satuan Kelompok
|
18.750.000
|
100,00
|
||||
Harga Satuan
Orang
|
750.000
|
Dumai,
28 Maret 2012
Ketua
PKBM Cahaya
Ir. Amir Sugiarto
NIP 19651006200801 1 002
BAB
V
PENUTUP
Keberhasilan pendidikan kesetaraan sangat
berpengaruh terhadap usaha
peningkatan kualitas sumberdaya
manusia yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat
Indonesia.
Berbagai persoalan
yang menyelimuti pelaksanaan
program kesetaraan baik
yang di lontarkan oleh pakar dan
pemerhati pendidikan harus disikapi dengan arif dan bijaksana dalam upaya
mensukseskan Pendidikan Luar Sekolah.
Akhir-akhir ini terjadi perubahan cara
pandang terhadap pendidikan kesetaraan dimana semula pendidikan kesetaraan
ditujukan kepada masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, sekarang
pendidikan kesetaraan diarahkan untuk melayani pendidikan formal dengan tidak
membedakan kemampuan ekonomi. Dengan adanya Block Grant program BOP ini mampu
melaksanakan pendidikan kesetaraan Paket
B setara SMP/MTs yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan
masyarakat.
Dengan adanya upaya pemerintah dalam
mensukseskan pelaksanaan program kejar paket B ini melalui bantuan dalam bentuk
sarana dan prasarana yang diserahkan kepada pihak penyelenggara kegiatan
belajar maka diharapkan upaya ini dapat membantu masyarakat untuk dapat
menyelesaikan program pendidikan yang terputus pada jenjang SMP/MTs
Dumai,
28 Maret 2012
Ketua
PKBM Cahaya
Ir. Amir Sugiarto
NIP 19651006200801 1 002
Ass...
BalasHapusterima kasih atas petunjukx
klau boleh bisa ga di share proposal paket b lanjutan 1 tahun 2014...
terima kasih
BalasHapusmaaf mas bisa gak saya minta contoh proposal terbaru untuk paket kesetaraan
BalasHapus