Sabtu, 23 Juni 2012

Proposal BOP Paket B Lanjutan I


PROPOSAL

BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN
  PROGRAM PAKET B LANJUTAN I  ( KELAS VIII )
MELALUI DANA DEKOSENTRASI


DITUJUKAN KEPADA
DINAS PENDIDIKAN KOTA DUMAI
PROVINSI RIAU



PKBM CAHAYA
JL.SOEKARNO – HATTA, KEL.BUKIT NENAS 
KEC. BUKIT KAPUR  KOTA DUMAI
No Hp 08126837986


TAHUN 2011


KATA PENGANTAR

                        Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat ALLah SWT , karena berkat petunjuk-Nya jualah maka Proposal Block Grant Program BOP Lanjutan I (kelas VII) Paket B setara SMP / MTs di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai Tahun 2011 dapat diselesaikan.
                        Proposal ini dibuat dengan tujuan untuk memperoleh Dana Bantuan Langsung Block Grant Program BOP Lanjutan I (kelas VIII) Paket B setara SMP / MTs. Sasarannya adalah peningkatan pemerataan kesempatan belajar bagi peserta didik pada jenjang Pendidikan Dasar  serta penuntasan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun dengan memperluas akses pendidikan.
                        Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pihak yang telah membantu dalam penyelesaian proposal ini khususnya kepada Dinas Pendidikan Kota Dumai, yang telah memberikan kepercayaan dan memfasilitasi kami untuk mengajukan proposal ini.
                        Akhir kata kami menunggu berbagai kritikan dan saran dari semua pihak demi perbaikan proposal ini dimasa yang akan datang.


                                                                                                        Dumai, 04 Juni 2011

                                                                                                        Ketua PKBM Cahaya


                                                                                                        Ir.Amir Sugiarto
                                                                                                        NIP 19651006200801 1002



LEMBAR PENGESAHAN


                   Proposal  Bantuan  Operasional Penyelenggaraan  Paket B Lanjutan I (Kelas VIII)  melalui Dana Dekonsentrasi ini diajukan oleh :

                   Lembaga Penyelenggara        :        PKBM Cahaya
                   Nama Ketua                         :        Ir. Amir Sugiarto
                   Alamat                                  :        JL.Soekarno – Hatta
                                                                        Kelurahan Bukit  Nenas.
                                                                        Kecamatan  Bukit   Kapur.
                                                                        Kota Dumai

                   Setelah dipelajari Kami menyatakan bahwa Proposal ini sudah sesuai dengan Panduan BOP Penyelenggaraan Dana Dekonsentrasi program Paket B Tahun 2011 yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama,Direktoral Jendral Pendidikan Dasar.Kementerian Pendidikan Nasional


                   Yang mengesahkan....
                    Kabid Pendidikan Pra Sekolah,Pendidikan                         Dumai ,  06 Juli 2011
                    Luar Sekolah dan Pendidikan Khusus                                 Ketua PKBM Cahaya....
                   Kota Dumai



                  AUZAR, S.Pd. M.Pd                                                       Ir. Amir Sugiarto..
                  NIP 19621125198210 1 001                                               NIP 19651006200801 1 002..  




   PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT              
PKBM  CAHAYA            
 Akta  Notaris  No :  02    Izin  Operasional   No : 033                        
 JL.Soekarno – Hatta  Kel  Bukit Nenas Kec Bukit Kapur Kota Dumai            
                         Telp (0765)           Kode Pos  28841
                                   Nilem 14.2.12.4.1.0003 
           
 


                                                                                                      Dumai, 04 Juni 2011

Nomor        :    003/PKBM-CHY/BK-BN/2011
Sipat           :    Biasa
Lampiran    :
Perihal        :    Permohonan  Bantuan   Penyelenggaraan
                        Program Paket B Lanjutan I (Kelas VIII)
                        Melalui Dana Dekonsentrasi.     
                                                                                     Kepada Yth
                                                                         Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama     
                                                                         u.p Kasubdit Sarana dan Prasarana
                                                                        Komplek Kemendiknas Gedung E. Lantai 16            
                                                                        Jl.Jend Sudirman,Senayan Jakarta – Pusat


                   Sehubungan dengan adanya Bantuan Opesaional Pendidikan Program Paket B melalui dana Dekonsentrasi tahun anggaran 2011, maka bersama ini kami mengajukan permohonan agar dapat memperoleh dana bantuan tersebut untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kami laksanakan di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai            .
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan :

1.    Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Dumai
2.    Poto copy Proposal
3.    Poto copy data peserta didik Pendidikan Kesetaraan program Paket B
4.    Poto copy profil Lembaga Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan Program Paket B
5.    Poto copy Izin Operasional Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya
6.    poto copy Akta Notaris PKBM Cahaya
7.    Poto copy NPWP
8.    poto copy Rekening Bank Riau


Atas Perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih



                                                                                                          Dumai, 04 Juni 2011
                                                                                                          Ketua PKBM Cahaya


                                                                                                               Ir. Amir Sugiarto
                                                                                                          NIP 19651006200801 1 002
Tembusan :
1.  Dinas Pendidikan Kota Dumai
2.  A r s i p





DAFTAR ISI
                                                                                   
                       
                   BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. .  1
                   1.  Latar Belakang  .........................................................................................    2
                   2.  Tujuan  .....................................................................................................     2
                   3.  Hasil Yang Diharapkan  ..............................................................................    3
              BAB II  ANALISIS SITUASI  ............................................................................    4
                   1.  Karakteristik  .............................................................................................    4
                   2.  Peran Lembaga Dalam Pembelajaran  .........................................................    5
              BAB III RENCANA KEGIATAN  ......................................................................    6
                   1.  Peserta Didik  ............................................................................................    6
                   2.  Arah Program  ..........................................................................................     7
                   3.  Rencana Program Pembelajaran  ................................................................    7
                        a.  Pembelajaran Akademik  ......................................................................     7
                        b.  Pembelajaran Keterampilan  .................................................................     7
                   4.  Kontribusi Lembaga/Satuan Penyelenggara ...............................................      7
              BAB IV PROGRAM KEGIATAN  ....................................................................     8
                   1.  Tempat Pembelajaran  ...............................................................................     8
                   2.  Organisasi Pelaksana  ................................................................................     8
                        a.  Struktur Organisasi  ..............................................................................     8
                        b.  Tugas dan fungsi personel  ....................................................................     8
                   3.  Jadwal Pembelajaran  ...............................................................................      9
                        a.  Jadwal Pembelajaran  ..........................................................................     10
                        b.  Metode Pembelajaran Akademik dan Keterampilan  ...........................      10
                            1.  Metode Pembelajaran Akademik  ...................................................      10
                            2.  Metode Pembelajaran Keterampilan  ..............................................      10
                        c.  Kelengkapan Administrasi yang Disiapkan  .........................................       11
                        d. Proses Pelaksanaan Hasil Belajar  .......................................................       11
                   4.  Usulan Rincian Penggunaan Dana  ............................................................      12
              BAB V  PENUTUP  ..........................................................................................     13
              LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.       Latar Belakang
             Pendidikan merupakan faktor penting untuk mengentaskan rakyat dari kebodohan, keterbelakangan dan kemiskinan. Pemerintah  berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa . Hak untuk mendapatkan  pengajaran atau pendidikan dinyatakan dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang menetapkan bahwa setiap warga negara  berhak untuk mendapatkan pengajaran.
          Dalam undang – undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 26 disebutkan bahwa Pendidikan Non Formal (Pendidikan Luar Sekolah)  diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan  layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan atau pelengkap  pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.Pendidikan non formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik  dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian propesional. Pendidikan non formal meliputi Pendidikan Kecakapan Hidup, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Kepemudaan, Pendidikan Pemberdayaan Perempuan,Pendidikan Keaksaraan ,Pendidikan Keterampilan dan Pelatihan kerja, Pendidikan Kesetaraan serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.
          Dalam pelaksanaannya, pendidikan kesetaraan mempunyai dua fungsi strategis yaitu: (1) menunjang suksesnya wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun terutama bagi anak-anak usia 7-15 tahun yang tidak tertampung di sekolah; dan (2) memberi pelayanan pendidikan kepada orang dewasa yang ingin memperoleh pendidikan kesetaraan. Karenanya jangkauan pelayanan pendidikan kesetaraan tidak terbatas pada usia peserta didik, kondisi geografis, demografis dan lainnya. Dengan kata lain bahwa pendidikan  kesetaraan menjangkau warga masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan pendidikan formal.
          Kegiatan Pendidikan Luar Sekolah di Kelurahan Bukit Nenas telah berlangsung sejak tahun 2005 dalam bentuk Kelompok Belajar dibawah binaan Dinas Pendidikan Kota Dumai. Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan di SMA.N 3 Kelurahan Bukit Nenas, adapun tenaga pendidik/tutor yang mengajar adalah guru-guru yang berstatus PNS dan Non PNS yang juga mengajar di SMA tersebut dengan latar belakang pendidikan sarjana (S1). sedangkan warga belajar yang mengikuti kegiatan pembelajaran sebahagian besar adalah warga masyarakat yang bertempat tinggal disekitar daerah tersebut.
          Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya beralamat di Jl Soekarno-Hatta  Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai. Tujuan didirikannya adalah untuk membantu  masyarakat  terutama pemuda/pemudi yang putus sekolah untuk dapat menyelesaikan dan menuntaskan jenjang pendidikannya pada tingkat SMP/MTs. Untuk itu Pusat Kegiatan Belajar Mayarakat (PKBM) sebagai penyelenggara program kelompok belajar paket B ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya  agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global.
             Kegiatan akademik yang berlangsung di PKBM Cahaya masih  belum bejalan secara optimal,hal ini disebabkan masih terbatasnya sarana penunjang seperti : Modul pembelajaran, ,alat peraga, alat tulis, kelengkapan administrasi kegiatan belajar serta buku-buku bacaan bagi peserta didik,disamping itu keterbatasan dana  secara tidak langsung mempengaruhi kesejahteraan para Tutor yang pada akhirnya dikuatirkan dapat mempengaruhi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar dan menurunkan  semangat kerja  mereka selaku tenaga pendidik.
          Untuk itu lembaga berharap dengan adanya dana bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) program pendidikan paket B lanjutan I kelas VIII melalui dana dekonsentrasi yang diberikan kepada PKBM Cahaya, diharapkan peserta didik dan tenaga pendidik (tutor) dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM)  dengan baik ,sehingga pada akhirnya apa yang menjadi tujuan pemerintah sebagai penyalur dana, PKBM sebagai Penerima dana dan  seluruh peserta didik  dapat diwujudkan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

2.       Tujuan 
          1.  Membantu  masyarakat  terutama pemuda/pemudi yang putus sekolah untuk dapat menyelesaikan dan menuntaskan jenjang pendidikannya pada tingkat SMP/MTs.       
       2. Meningkatkan kemampuan para peserta didik dalam mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
     3.  Memberikan kesetaraan akademik bagi peserta didik paket B setara SMP yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang pendidikan yang lebih tinggi baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal.
3.       Hasil yang Diharapkan
          Dengan adanya bantuan operasional penyelenggaraan program paket B ini diharapkan :
         1.  Dapat mengurangi jumlah masyarakat,pemuda/pemudi yang putus sekolah pada jenjang SMP/MTs.
         2.  Dapat Membantu masyarakat yang kurang mampu untuk  menyekolahkan putra/putrinya pada jalur pendidikan non formal setara dengan SMP/MTs.
      3.  Dapat memberikan bekal pengetahuan dalam bentuk keterampilan kepada peserta didik untuk dipergunakan dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta.
     4.  Dapat memberikan imbalan yang layak kepada tenaga tutor baik dari sisi honor dan biaya  transportasimereka serta tersedianya sarana pembelajaran dalam bentuk buku/modul/bahan ajar serta kebutuhan lainnya untuk kegiatan pembelajaran para peserta didik.
        5.  PKBM Cahaya dapat memberikan bekal keterampilan yang bersifat life skill kepada peserta didik secara lebih optimal.
BAB II
ANALISIS SITUASI
1.       Karakteristik
                Dumai adalah sebuah kota di Provinsi Riau yang berada pada ketinggian 3 meter diatas permukaan laut, Wilayah Kota Dumai beriklim tropis dengan curah hujan antara 100-300 cm dan suhu udara 24-30 °C dengan kondisi tanah rawa bergambut. Secara georafis Kota Dumai terletak pada posisi kordinat 101023’37” - 101028’13” Lintang Utara dan 1023” – 1024’23” Bujur Timur, dengan panjang garis pantai sepanjang 234,2 km. Kota Dumai saat ini terbagi menjadi 5 kecamatan  yaitu Kecamatan Dumai Barat, Kecamatan Dumai Timur, Kecamatan Bukit Kapur, Kecamatan Medang Kampai, dan Kecamatan Sungai Sembilan serta terdiri dari 32 kelurahan.
            Dari 32 kelurahan yang berada di kota Dumai, Bukit Nenas termasuk kedalam wilayah Kecamatan Bukit Kapur yang memiliki luas wilayah 250 km2 dan penduduk berjumlah 19.354 jiwa serta tingkat kepadatan penduduk sebesar 77 jiwa/km2.
Masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di daerah ini berdampak pada tingkat pendapatan, berbagai faktor yang menjadi penyebab banyaknya pemuda/i dilingkungan kelurahan Bukit Nenas  tidak dapat menyelesaikan pendidikannya hingga  ke jenjang Sekolah Lanjutan, salah satunya adalah masalah yang berkaitan dengan ekonomi. Sebahagia besar masyarakat di Kelurahan tersebut bermata pencaharian sebagai penggali pasir, buruh, pembuat batu bata, sopir, penoreh getah,serta bongkar muat buah kelapa sawit. Tingkat pendapatan serta tingkat pendidikan yang masih rendah secara tidak langsung berpengaruh di sektor perekonomian masyarakat setempat, sementara disisi lain dengan semakin berkembangnya kota Dumai maka semakin banyak pula bermunculan pabrik-pabrik yang membuka lapangan pekerjaan baru dan mampu menampung tenaga kerja, namun karena tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah maka peluang pekerjaan tersebut tidak bisa mereka manfaatkan dengan sebaik-baiknya
            Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara membentuk kelompok belajar yang mampu menampung warga masyarakat serta pemuda/pemudi yang putus sekolah untuk dapat kembali melanjutkan pendidikannya pada jalur pendidikan non formal melalui sebuah wadah lembaga pendidikan yaitu PKBM  
2.       Peran Lembaga Dalam Pembelajaran
          PKBM Cahaya yang berada di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai  adalah sebuah lembaga yang memberikan layanan pembelajaran pendidikan kesetaraan program     paket B.Peran  lembaga dalam  upaya memperlancar kegiatan proses pembelajaran program paket B yaitu dengan  menyediakan fasilitas sarana ruang kelas yang terdiri atas dua lokal serta mempersiapkan tenaga tutor yang akan memberikan materi pelajaran kepada peserta didik.Disamping itu dalam rangka memperlancar jalannya proses KBM maka lembaga juga berupaya untuk melakukan terobosan dalam bentuk mengajukan proposal untuk memperoleh bantuan peralatan menjahit serta bantuan sarana dan prasarana untuk kegiatan keterampilan di bidang pertanian.  

BAB III
RENCANA KEGIATAN

1.       Peserta Didik
                Peserta didik yang mengikuit kegiatan pendidikan kesetaraan program paket B lanjutan I (Kelas VIII) di PKBM Cahaya adalah warga masyarakat yang bermukim disekitar lingkungan lembaga dengan usia yang bervariasi. Adapun jumlah peserta didik yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran adalah  berjumlah 25 orang yang terdiri dari 8 orang perempuan dan 17 orang laki-laki dengan rata-rata usia antara 16 tahun sampai 41 tahun.
            Berikut nama-nama warga belajar pendidikan kesetaraan program paket B lanjutan I          (kelas VIII) di Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai Tahun Pelajaran 2010/2011
........
2.       Arah Program
          Selain program akademik, Lembaga juga memberikan materi keterampilan (life skill) di bidang pertanian kepada peserta didik/warga belajar yaitu berupa pemahaman dan pengenalan terhadap pupuk, dalam hal ini.peserta didik/warga belajar melakukan uji coba dan mengamati secara langsung pengaruh pemberian pupuk yang berbeda terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dengan harapan meteri yang mereka peroleh ini dapat diterapkan untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam mereka melaksanakan kegiatan di bidang pembudidayaan tanaman.
3.       Rencana Program Pembelajaran
          a. Pembelajaran Akademik
          Kurikulum Paket B yang diajarkan di lembaga PKBM Cahaya terdiri dari Kurikulum Inti yang  memuat kompetensi dasar akademik dan. Kurikulum muatan lokal yang memuat kompetensi dasar keterampilan bermata pencaharian yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi Kabupaten/Kota. Bahan kajian Program Paket B  terdiri dari : Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris, PPKn, Pendidikan Kesegaran Jasmani, Keterampilan Fungsional Praktis
          Bahan belajar pada Program Paket B terdiri dan dua jenis. yaitu bahan belajar kajian akademik (Bahan Belajar Pokok) dan bahan belajar keterampilan (Bahan Belajar Lokal). Bahan belajar pokok disusun dalam bentuk modul.yaitu : Modul Pendidikan Agama Islam, Modul Bahasa Indonesia, Modul Matematika, Modul Fisika, Modul Biologi, Modul Ekonomi, Modul Sejarah, Modul Geografi, Modul Penjaskes, Modul Bahasa Inggris,Modul PPKn
          a. Pembelajaran Keterampilan
          Kegiatan pembelajaran yang bersifat praktek adalah  kewirausahaan. Mata pelajaran tersebut sampai saat ini masih terbatas pada bidang pertanian yaitu tentang manfaat dan kegunaan pupuk terhadap  pertumbuhan   tanaman.  Kegiatan   pembelajaran   dilaksanakan   dengan   melibatkan Secara langsung warga belajar tentang bagaimana dan apa kegunaan masing-masing pupuk terhadap pertumbuhan  tanaman.Disamping itu warga belajar juga diberi pengetahuan  tentang bagaimana cara membuat dan meramu pupuk majemuk dari berbagai jenis pupuk tunggal yang beredar di pasaran.

BAB IV
PROGRAM KEGIATAN


1.       Tempat Pembelajaran
          Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan menggunakan fasilitas ruang belajar di SMA Negeri 3  yang beralamatkan di Jl Arif Rahman Hakim Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur dengan memanfaatkan fasilitas dua buah ruang lokal berukuran 4 meter x 8 meter untuk kegiatan belajar.
2.       Organisasi Pelaksana

          b.  Tugas dan Fungsi personel

         -    Kewajiban Penyelenggara/ketua
        1.   Menyusun struktur organisasi penyelenggara Program Paket B
        2.   Menyusun rincian tugas penyelenggara, tutor dan nara sumber teknis
        3.   Membuat  papan  nama  penyelenggara Paket B
        4.  Melaksanakan kegiatan adminsitrasi yang terdiri dari :
             a.  Pengisian buku induk warga belajar berisi tentang data warga belajar dan nilai hasil evaluasi     
                   semester
            b.    Pengisian buku absensi tutor/ NST
            c.     Mencatat, mengelola penerimaan dan pengeluaran keuangan kelompok
            d.     Mencatat dan mengelola inventaris kelompok

       5.   Menyusun  rencana  program  pembelajaran  termasuk  jadwal  tutorial  bersama  dengan   tutor  berda   berdasarkan  kesepakatan dengan warga belajar
       6.   Mengadakan  kerjasama   dengan   nara  sumber   dari  instansi/ masyarakat  untuk  mendukung progra   program
       7.  Menggali dan menghimpun  dana dari masyarakat, organisasi, lembaga, instansi dan  perusahaan untuk    untuk  mendukung kelancaran program
       8.  Mencari dan menyediakan keperluan pelaksanaan pembelajaran
       9  .Mengikutsertakan warga belajar dalam  ujian akhir (Pehabtanas)
           -  KewajibanTutor:
          1   Membimbing kegiatan pembelajaran secara tutorial termasuk pembelajaran  ketrampilan  yang    telah     telah disepakati sesuai dengan jadwal
         2. Menyusun bahan evaluasi formatif (Tugas Mandiri, Tugas Kelompok dan Tes Akhir Modul)
         3. Mengelola kegiatan pembelajaran di kelas, belajar kelompok dan belajar mandiri
         4. Melaksanakan kegiatan evaluasi
         5. Mengadministrasikan nilai hasil evaluasi formatif dan hasil evaluasi semester
         6. Mengisi buku rapor berdasarkan nilai yang tercantum dalam buku induk/ legger
        7.  Mengorganisasikan  warga  belajar  yang  akan membentuk kegiatan usaha baik sendiri-sendiri   maupu Maupun secara berkelompok
        8. Membantu  memfasilitasi warga belajar yang akan melanjutkan pendidikan

3.       Jadwal Pembelajaran
          a.  Jadwal Pembelajaran
          Jadwal Pelajaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket B Lanjutan I (kelas VIII) adalah sebagai berikut :.
NO
HARI
PUKUL
MATA PELAJARAN
TUTOR
KET
1
Jum'at
14.30 - 15.30 Wib
Bahasa Inggris
Eni Susrini,S.Pd

15.30 - 16.30 Wib
PKn
Sri Juita,S.Ag

16.30 - 16.45 Wib
I  s t i r a h a t

16.45 - 17.30 Wib
Biologi
Gialendani,S.Pd


Tutor P i k e t   :  S.Rahayu, S.Sos  

Sabtu
15.00 - 16.00 Wib
Bahasa Indonesia
S.Rahayu.S.Sos

16.00 - 16.30 Wib
I s t i r a h a t

16.30 - 17.30 Wib
Ekonomi
Efrial.Se


Tutor P i k e t   :  Eni Susrini ,S.Pd  

3
Minggu
13.00 - 14.00 Wib
Fisika
Gialendani,S.Pd

14.00 - 15.00 Wib
Geografi/Sejarah
Musriah.S.Ag

15.00 - 16.00 Wib
Agama Islam
Sri Juita,S.Ag

16.00 - 16.30 Wib
I s t i r a h a t

16.30 - 17.30 Wib
Mulok/Matematika
Ir.Amir Sugiarto















          Tenaga Pendidik/tutor  program paket B setara SMP/MTs ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 5 orang perempuan . Adapun data tutor yang mengajar di PKBM Cahaya adalah sebagai berikut :

No
Nama
L/P
Agama
Tempat /Tanggal Lahir
Pendidikan
Terakhir
Bidang study
Yang di ajar
1
Ir.Amir Sugiarto
L
Islam
Bengkalis/ 06-10-1965
S1
Matematika/ Kewirausahaan
2
Sri Juita ,S.Ag
P
Islam
Bengkalis /03- 03 – 1968
S1
PKn dan Agama Islam
3
Efrial ,Se
P
Islam
Pekanbaru /13-03 - 1970
S1
Ekonomi
4
Eni Susrini S.Pd
P
Islam
Bukit Kapur / 26-10-1980
S1
Bahasa
Inggris
5
S.Rahayu.S.Sos
P
Islam
Duri /12-07-1969
S1
Bahasa Indonesia
6
Gialendani S.Pd
L
Islam
Dumai / 02-09-1974
S1
Biologi/Fisika
7
Musriah  S.Pd
P
Islam
Paketingan/ 19-11-1968
S1
Geografi dan Sejarah



          b.  Metode Pembelajaran Akademik dan Keterampilan

             1.  Metoda Pembelajaran Akademik
       Setiap warga belajar diwajibkan mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang telah disusun yaitu hari jum’at mata pelajaran yang diikuti meliputi bahasa Inggris, PKn, dan Biologi. Pada hari sabtu  bidang study yang diikuti adalah Bahasa Indonesia dan ekonomi sedangkan pada hari minggu warga belajar mempelajari bidang studi  Fisika, Geografi/Sejarah, Agama Islam dan Matematika/Mulok.
          2.  Proses Pembelajaran Keterampilan
       Kegiatan pembelajaran yang bersifat Keterampilan menjurus pada bidang pertanian yaitu tentang manfaat dan kegunaan pupuk terhadap  pertumbuhan   tanaman.  Kegiatan   pembelajaran   dilaksanakan   dengan   melibatkan Secara langsung warga belajar tentang bagaimana dan apa kegunaan masing-masing pupuk terhadap pertumbuhan  tanaman.Disamping itu warga belajar juga diberi pengetahuan  tentang bagaimana cara membuat dan meramu pupuk majemuk dari berbagai jenis pupuk tunggal yang beredar di pasaran.
          c.  Kelengkapan Administrasi yang Disiapkan
            Dalam penyelenggaraan program Paket B, perlu disediakan sarana belajar yang cukup. Sarana belajar dimaksud adalah :
1)      Kurikulum inti dan kurikulum muatan lokal;
2)      Buku pegangan tutor/nara sumber teknis;
3)      Modul pelajaran Paket B;
4)      Buku/Modul keterampilan;
5)      Tempat belajar;
6)      Bahan dan peralatan untuk belajar keterampilan;
7)      Sarana belajar penunjang (learning kits)
8)      Buku Induk;
9)      DaftarKelas;
10)  Administrasi PKBM

          d.  Proses Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar
          Evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh  mana  daya serap warga belajar terhadap materi yang disampaikan selama proses pembelajaran. Evaluasi terdiri dari :
1)        Evaluasi tiap-tiap modul pelajaran yang meliputi:
a.      Tugas Mandiri
b.      Tugas Kelompok
c.      Tes akhir modul
2)      Evaluasi tiap semester
3)      Evaluasi akhir kelas
4)      Ujian Nasional
          Peserta didik yang dinyatakan lulus dalam Ujian Nasional diberi Surat Tanda Lulus (STL) dan Ijazah. STL diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik)

4.       Usulan Rincian Penggunaan Dana
NO
KOMPONEN
PAKET B LANJUTAN I (Kelas VIII)
VOL
SAT
BIAYA
TOTAL
% MAKSIMUM
A
BAHAN




10,4
1
2
Modul/Bahan Ajar
Penilaian tes semestes
(2 kali x 13 MP)

25
25
Set
OK
107.000
50.000
2.675.000
1.250.000

B
ALAT




3,31
1


2


3


Alat tulis peserta didik
(buku tulis,pensil,pulpen,mistar,
Penghapus dan busur)
Administrasi Pembelajaran
(absen tutor/WB,buku induk,buku
Tamu,buku inventaris dll)
Sarana pembelajaran
(kapur,spidol,penghapus papan
Tulis dan papan tulis)


25


1


1


OT


Set


Set


50.000


50.000

50.000


1.250.000


50.000


50.000

C
Bantuan  pembiayaan keterampilan Kewirausahaan

25

Org

200.000

5.000.000
11,82
D
TENAGA




74,47
1

Transport tutor
(7 org x 12 bln)

84

OB

350.000

29.400.000

2
Transport penyelenggara
(1 Org x 12 bulan)

12

OB

350.000

1.200.000

E
PENGELOLA




0
1
Manajemen
1
keg
-
-

2
Monev
1
OK
-
-



Harga Satuan Kelompok

40.875.000

100,00


Harga Satuan
 Orang

1.635.000


                                                                                                          Dumai, 04 Juni 2011
                                                                                                          Ketua PKBM Cahaya


                                                                                                               Ir. Amir Sugiarto
                                                                                                          NIP 19651006200801 1 002

BAB V
PENUTUP

          Keberhasilan  pendidikan  kesetaraan  sangat  berpengaruh  terhadap  usaha  peningkatan  kualitas sumberdaya manusia yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.
          Berbagai  persoalan  yang  menyelimuti  pelaksanaan  program  kesetaraan  baik  yang  di lontarkan oleh pakar dan pemerhati pendidikan harus disikapi dengan arif dan bijaksana dalam upaya mensukseskan Pendidikan Luar Sekolah.
          Akhir-akhir ini terjadi perubahan cara pandang terhadap pendidikan kesetaraan dimana semula pendidikan kesetaraan ditujukan kepada masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, sekarang pendidikan kesetaraan diarahkan untuk melayani pendidikan formal dengan tidak membedakan kemampuan ekonomi. Dengan adanya Block Grant program BOP ini mampu melaksanakan pendidikan kesetaraan  Paket B setara SMP/MTs yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
          Dengan adanya upaya pemerintah dalam mensukseskan pelaksanaan program kejar paket B ini melalui bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana yang diserahkan kepada pihak penyelenggara kegiatan belajar maka diharapkan upaya ini dapat membantu masyarakat untuk dapat menyelesaikan program pendidikan yang terputus pada jenjang SMP/MTs.
                                                                                                          Dumai, 04 Juni 2011
                                                                                                          Ketua PKBM Cahaya


                                                                                                               Ir. Amir Sugiarto
                                                                                                          NIP 19651006200801 1 002



PROFIL LEMBAGA



A.      Identitas Lembaga
          1.  Nama Lembaga                                    :    PKBM Cahaya
          2.  Alamat Lengkap                                  :    Jl.Soekarno-Hatta. Kelurahan Bukit Nenas. Kecamatan Bukit Kapur . Kota Dumai
          3.  No Telp / Hp                                        :   
          4.  Nama Ketua                                         :    Ir.Amir Sugiarto
          5.  Nama Bank                                          :    Bank Riau
          6.  No Rek Bank A.n Lembaga                 :    104-20-01456    
          7.  Pemegang rekening Bank                     :    1. Ir.Amir Sugiarto
                                                                               2. Sri Juita.S.Ag
          8.  N P W P                                               :    03.024.321.6-212.000
          9.  Akte Notaris                                         :    No 02, tanggal  29 Januari 2011
       10.  Ijin Operasional                                      :    No.033/DISDIK/2011 tanggal 10 Maret 2011
       11.  Nilem                                                     :    14.2.12.4.1.0003
       11.  Program yang dilaksanakan saat ini
                                                                            :    1. Program Paket A dan B
                                                                                2. Program Paket C
                                                                                3. Keaksaraan Fungsional (KF)
                                                                                4. Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
                                                                                5.  Kewirausahaan (Life Skill)
                                                                                6. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)